Berlatih Yoga Secara Mandiri di Rumah, Mungkinkah ? ( Part 2 )

by Pujiastuti Sindhu
Tuesday, 11 May 2010 17:54

Share this post

Berlatih yogalah secara alami

Biasakan untuk bertanya pada diri anda setiap mulai berlatih, ‘Dalam kondisi seperti apa energi saya saat ini, di atas 70%? atau dibawah 60%?’.

Didalam kelas, terkadang saya juga menanyakan hal tersebut. Bila setelahnya terlihat banyak wajah kebingungan, maka saya akan kembali bertanya, ‘ Apa saat ini anda sedang merasa bersemangat? Atau merasa lelah? ‘. Biasanya, setelah disampaikan pertanyaan kedua ini semua wajah akan terlihat ‘paham’ dengan yang dimaksud, bahwa kondisi di atas 70% adalah kondisi bersemangat ( atau dianalogikan sebagai kondisi ‘full battery’ di hp kita ) dan energy di bawah 60% adalah kondisi lelah ( atau kondisi low batt :) ).

Tubuh – pikiran - perasaan saling berkaitan dan saling melepaskan energi ke satu sama lainnya. Artinya, kondisi tubuh akan memengaruhi suasana pikiran dan perasaan. Sebaliknya, kondisi pikiran dan perasaan juga akan memengaruhi kondisi tubuh. Anda bisa mengetes ini dengan memperhatikan kondisi tubuh anda. Saat tubuh dalam kondisi segar maka suasana pikiran dan perasaan juga menjadi segar. Sebaliknya, saat suasana pikiran dan hati anda sedih maka tubuh akan berada dalam kondisi letih.

Berbekal teori sederhana mengenai ‘ full batt – low batt ‘ di atas anda jadi bisa menentukan porsi berlatih yoga yang anda butuhkan pada saat tertentu.

Prinsipnya, latihan yoga HARUS BERFUNGSI sebagai penyeimbang kondisi diri ( tubuh - pikiran – perasaan ). Jangan sampai latihan yoga anda tidak mendukung suasana diri anda, karena nanti hasilnya justru menjadi tidak efektif. Contohnya, bila anda sedang berada dalam kondisi letih atau banyak pikiran ( ingat bahwa pengguna energi terbesar adalah pikiran dan emosi ), sebaiknya teknik yoga yang anda lakukan adalah yang bersifat ‘rest & relax’ yang akan memperbaharui/menambah energi. Bila dalam kondisi ini anda melakukan sesi yoga yang terlalu dinamis, ini bisa menguras tenaga dan menghabiskan sisa energi anda. Sebaliknya, bila anda sedang merasa segar dan bersemangat, berlatihlah teknik-teknik yoga yang dinamis, yang dapat meningkatkan tenaga dan semangat anda, bukan yang bersifat mengistirahatkan.

Selalu sesuaikan praktik yoga harian dengan kondisi anda, dan lakukan hanya yang diperlukan. Berlatihlah secara alami, yaitu berlatih sesuai dengan kebutuhan atau berlatih untuk memenuhi kebutuhan, sealami kebutuhan makan saat lapar, minum saat haus, dan berlatih yoga saat tubuh – pikiran - perasaan membutuhkannya.



Berapa lama waktu yang cukup untuk berlatih yoga dirumah?

Berlatih yoga di rumah, atau bisa juga disebut sebagai berlatih yoga dalam kehidupan sehari-hari, bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu secara sesi singkat atau secara sesi penuh.

Berlatih secara sesi singkat, adalah melakukan teknik yoga tertentu yang bermanfaat untuk menyeimbangkan diri anda ( tubuh – pikiran – perasaan ) di kondisi tertentu. Setiap teknik yoga, khususnya asanas dan pranayama, memiliki manfaat masing-masing yang dapat anda praktekkan kapanpun tanpa perlu merangkainya dalam sekuens yang panjang. Misalnya, postur bhujangasana ( postur kobra ) adalah asanas/postur yoga yang dapat menguatkan otot punggung dan lengan, melatih jantung dan paru-paru, dan melancarkan siklus menstruasi bagi wanita. Postur ini juga bermanfaat untuk melepaskan kelelahan dari punggung yang terlalu banyak duduk membungkuk di depan computer. Anda dapat melakukan postur ini beberapa kali setiap saat punggung anda merasa lelah. Berlatih secara sesi singkat hanya memerlukan sekitar 5 menit setiap kalinya.

Berlatih secara sesi penuh, adalah anda menentukan sendiri peta/sekuens berlatih yoga anda, seperti dalam sebuah kelas yoga. Ada banyak metode/cara untuk mengatur sekuens yoga, diantaranya adalah yang pernah saya uraikan dalam buku ‘Hidup Sehat dan Seimbang Dengan Yoga’ dan ‘ Yoga Daily Practice ‘, dimana sebuah sekuens hatha yoga dibuat dengan menyusun asanas sesuai dengan KATEGORI yang diperlukan, mulai dari Savasana – Pranayama - Warming Up/Pemanasan - Surya Namaskar - Standing & Standing Poses / Postur Berdiri dan Keseimbangan - Arm/Belly/Back Strengthener Poses / Postur Menguatkan lengan,perut,punggung – dan seterusnya hingga kembali ke Savasana. Anda tinggal mengambil beberapa asanas sesuai dengan kategori yang diperlukan dan menyusunnya untuk mendapatkan sesi yoga yang penuh. ( mengenai penyusunan sekuens berlatih yoga di rumah nanti akan saya coba jelaskan di tulisan – tulisan berikutnya ).

Selain cara di atas, ada beberapa cara lainnya untuk menyusun sebuah sekuens yoga, seperti ashtanga yoga dimana konon praktisi ashtanga yoga harus berlatih di rumah dengan seri praktek yang sama setiap harinya kecuali di hari-hari tertentu , atau sivananda yoga yang harus melakukan 12 asanas utama, dan lain sebagainya.

Mempraktikkan sesi yoga penuh sebenarnya tidak terlalu sulit karena anda ‘hanya’ perlu merangkaikan asanas sesuai kategori yang disarankan, atau mempraktikkan sesuai petunjuk berlatih. Kesulitannya justru terletak saat memotivasi diri untuk mulai berlatih, atau saat mempertahankan motivasi di tengah - tengah sesi ( sulit sekali, terutama jika anda sebelumnya tidak membuat rencana akan melakukan apa saja di dalam sesi tersebut ). Rencanakan sesi latihan yoga anda, ciptakan suasana yang menyenangkan, pusatkan perhatian dengan savasana sebelum memulai sesi, dan hindari berlatih terlalu lama dalam satu waktu, karena akan membuat anda berhenti berlatih untuk waktu yang lama setelahnya. Berlatihlah cukup 30 – 45 menit setiap harinya, untuk jangka waktu yang panjang.

Teknik yoga favorit

Setelah anda berlatih rutin di dalam kelas, anda akan mulai mengkategorikan beberapa teknik yoga sebagai ‘teknik favorit’ dan beberapa lainnya sebagai ‘ tidak favorit‘. Anda dapat mulai mempraktikkan yoga di rumah berdasarkan kategori yang paling mudah: teknik yoga favorit.

Tanyakan pada diri anda, praktik yoga mana yang paling anda sukai, efek apa yang anda dapatkan darinya, dan anda dapat melakukan teknik tersebut setiap saat anda ingin kembali memunculkan efek yang dihasilkannya. Contohnya, postur yoga yang menjadi favorit kebanyakan orang adalah postur-postur restoratif seperti Mudhasana ( postur anak/child pose ) atau Savasana ( postur mayat ) karena dapat menghadirkan perasaan yang luar biasa nyaman saat melakukannya. Bila anda pun merasa demikian, maka anda dapat melakukan postur anak atau postur mayat setiap saat anda membutuhkan kenyamanan secara instan/cepat.

Berlatih teknik yoga favorit dapat menimbulkan perasaan senang, sehingga lebih mudah dilakukan daripada berlatih teknik yoga yang tidak favorit, Oleh sebab itu, disarankan untuk berlatih teknik yoga favorit saat anda ingin memperbaiki mood atau saat energi tubuh – pikiran - perasaan dalam kondisi ‘low batt’.

Teknik Yoga Tidak Favorit

Ada beberapa alasan mengapa sebuah teknik yoga menjadi tidak favorit, diantaranya adalah karena:

1. Tidak suka. Misalnya karena suatu asanas menimbulkan perasaan tidak nyaman saat dilakukan.

2. Sulit. Misalnya karena sebuah asanas sulit dilakukan.

3. Takut. karena suatu asanas bisa menimbulkan cedera.

4. Tidak mengerti cara melakukan suatu asanas.

5. Tidak percaya diri saat melakukannya.

Seperti kebanyakan hal lainnya, practice makes perfect. Semakin sering dilakukan, semakin sempurna hal tersebut dilakukan. Begitu juga berlatih yoga, tubuh kita memerlukan waktu dan latihan secara terus menerus untuk bisa menjadi lentur dan kuat agar mampu menyesuaikan diri dengan asanas yang sulit. Kekurangan kita adalah, kita cenderung hanya melakukan hal yang kita sukai, dan menghindari hal yang tidak kita sukai. Padahal, besar kemungkinan kemampuan kita akan meningkat saat mampu menguasai hal – hal yang tidak favorit. Bisa jadi, sebuah asanas terasa tidak menyenangkan karena kita memiliki keterbatasan fisik. Dengan melatih tubuh melakukan asanas yang tidak disukai akan meningkatkan kemampuan fisik, melampaui keterbatasan, sekaligus mengatasi rasa tidak senang.

Tapi, bagaimanapun melakukan hal yang kurang disukai memerlukan motivasi dan energi lebih, oleh karenanya lakukan hanya pada saat energi tubuh – pikiran- perasaan anda berada dalam kondisi ‘full batt’.

Berlatih dengan bantuan dvd yoga

Berlatih yoga dengan dvd ibarat mengikuti kelas yoga minus assisting dari instruktur, yang sebenarnya adalah hal paling berharga dari mengikuti kelas yoga secara langsung. Tapi, bagaimanapun, ini jauh lebih baik dari pada tidak berlatih sama sekali! Berlatih dengan bantuan dvd bisa menjadi satu alternatif bila anda adalah tipe yang tidak mau susah-susah menyusun sekuens sesi yoga penuh ( walaupun berlatih secara mandiri bisa menimbulkan kepuasan tersendiri, silakan anda coba terlebih dulu J ). Atau, anda bisa mengkombinasikan latihan anda di kelas yoga, berlatih secara mandiri, dan berlatih dengan panduan instruktur dalam dvd. Perkaya koleksi dvd anda untuk mengatasi kebosanan.

Berlatih secara teratur bukan berarti ‘ berlatih yoga sesering mungkin’

Selain memiliki kapasitas, tubuh-pikiran-perasaan juga memiliki keterbatasan, atau tepatnya memerlukan waktu untuk berkembang. Hatha yoga adalah aktivitas fisik yang, bagaimanapun, membutuhkan banyak energi, dan kondisi energi kita selalu berubah seiring dengan waktu.

‘Berlatih secara teratur’ yang saya maksud adalah mengalokasikan waktu secara terencana untuk berlatih yoga setiap harinya, atau minimal beberapa hari sekali di waktu – waktu yang telah kita tetapkan. Tanamkan niat untuk berlatih yoga setiap harinya – dalam kelas yoga atau secara mandiri - namun sesuaikan dengan kondisi fisik anda. Bila kondisi fisik anda belum menunjang untuk berlatih setiap hari, sesuaikan dengan segala kemungkinan yang ada. Selalu mulai segala sesuatu secara perlahan, tidak terburu-buru, namun berkelanjutan. Seiring dengan waktu, anda akan lihat kemampuan tubuh – pikiran – perasaan anda berkembang secara pesat, dan anda pun akan mampu berlatih yoga setiap harinya J

………………………………………………………………………………………..

Selanjutnya kita akan bahas cara untuk merangkai sekuens yoga harian.. jangan bosan yaa..:)

Juga bisa di lihat di http://www.facebook.com/note.php?saved&&suggest&note_id=390500599069#!/notes/pujiastuti-sindhu/berlatih-yoga-secara-mandiri-di-rumah-mungkinkah-part-2-/390500599069



Comments  

 
+1 #2 ujie 2011-06-19 05:34
Sip :) Semoga sukses berlatih di rumah yaa..
Quote
 
 
0 #1 DarsO 2011-06-02 14:12
bagus, saya setuju dan suka sekali tulisan ini.
Quote
 

Add comment


Security code
Refresh